GoogleAdSense

Thursday, March 12, 2015

TENTANG HARI JUM'AT TANGGAL 13

kali ini DI BAWAH NORMAL akan memberikan artikel yang berkaitan Mitos & Fakta. dan yang akan dibahas kali ini adalah tentang hari Jum'at tanggal 13. Biar agak greget, yang dibahas ga cuma mitos dan fakta aja (karena ini bukan blog mistis), DI BAWAH NORMAL akan mencoba untuk memberikan ulasan sejarahnya kenapa mitos-mitos itu ada supaya kalian pada ngerti. Selamat membaca...


Dalam Wikipedia, hari Jumat pada tanggal 13 di bulan apapun dan tahun berapapun dianggap sebagai hari sial dalam banyak kepercayaan takhayul di Britania Raya dan Amerika Serikat. Di banyak negara lain, seperti Spanyol, Selasa-13 memiliki kepercayaan takhayul yang sama. Ketakutan akan Jumat-13 disebut paraskavedekatriaphobia atau paraskevidekatriaphobia. Hal ini merupakan bentuk khusus dari triskaidekafobia, atau fobia (ketakutan) terhadap angka 13

Faktanya, di tahun 2014 kita akan ketemu hari Jum'at bertanggal 13 sebanyak 3 kali, yaitu pada februari, maret, dan november.

Lalu cerita berikutnya yang diperoleh dari berbagai sumber (bole percaya atau tidak), Saking takutnya terhadap angka 13, mantan presiden AS Franklin D Roosevelt ternyata tidak pernah bepergian pada tanggal 13 dan tak pernah menjamu tamu yang jumlahnya 13 orang. Sudah tentu, dia memilih berdiam diri pada hari Jumat tanggal 13. Selain itu, Napoleon, Stephen King dan presiden Herbert Hoover mengalami hal yang sama, mereka menderita triskaidekaphobia.

Di Indonesia,  peristiwa besar yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13 adalah puncak dari Tragedi Semanggi 1. Peristiwa tersebut terjadi tanggal 11-13 November 1998. Tragedi ini bermula dari aksi protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa dan mengakibatkan tewasnya warga sipil.

penyebab ketakutan akan mitos ini jadi nge-trend..

Mitos ini jadi heboh karena terlalu dianggap nyata dan dibesar-besarkan dari mulut ke mulut lewat obrolan, dijadikan buku novel, bahkan film (Friday the 13th pada era 1980). Pola pikir masyarakat yang masih percaya tahayul sudah sewajarnya mengakibatkan mitos ini tak lekang oleh waktu. Bahkan ada orang tua yang mengajarkan ke anaknya tentang mitos ini .
Tapi yang lucu adalah orang-orang yang latah ikut-ikutan takut agar dianggap "gothic" ama temen-temennya (ada kan yang begitu?? ADA!!)

Yasudahlah, segitu dulu ya. Jangan percaya sama hal-hal yang mistis, kalo kamu liat tanggalan dan ternyata hari itu tanggal 13 bahkan tanggal 13 di hari Jum'at trus kamu ngerasa takut dan khawatir, coba liat tanggalan arab aja. Pasti tangalnya berubah..

No comments:

Post a Comment

mampir yuk gan

Instagram

GoogleAdSense